Kembali Ke Index Video


BANTUL. HARUS TANGKAP PELUANG DI ERA REVOLISI INDUSTRI 4.0

Kamis, 21 Februari 2019 | 20:30 WIB
Dibaca: 728
BANTUL. HARUS TANGKAP PELUANG DI ERA REVOLISI INDUSTRI 4.0
Pemaparan Revolusi Industri 4.0

Bantul - Pastvnews.com Kabupaten Bantul khususnya dan daerah lain pada umumnya harus mampu menangkap peluang Di era revolusi industri 4.0 (dunia internet dan digital untuk industri ).

Saat ini industri melalui 4.0 sudah pesat perkembangannya maka kita semua jangan ketinggalan", papar Rektor AMIKOM Yogyakarta Prof Dr Suyanto MM pada Wharkshop Peluang dan Rantangan Pemerintah Kabupaten  Bantul di Era Revolusi Industri 4.0, di Bantul, Rabu (21/2).

Menurutnya berdasarkan pengalaman dan fakta menunjukan banyak daerah yang terbelakang dan perekenomian rendah, justru menjadi maju berkat menguasai tehnologi digital .

 Hasil industri yang dijual melalui tehnologi IT maka harganya bisa lebih tinggi . Hal ini sudah terbukti Salah satu film harganya lebih tinggi dibanding dengan harga pesawat. Salah satu film saya juga laku terjual mahal berkat 4.0", tandasnya.

Dengan fakta itu, maka jika Bantul menangkap peluang era revolusi industri (revolusi digital) maka pasti akan maju di dunia industri", kata Suyanto.

Sementara pakar fari UGM Dr Efi Nur Afifah memaparkan , penguasaan digital saat ini sangat penting dan merupakan kunci untuk menguasai dunia.

Namun, hal itu juga  ada sisi digatifnya. Yaitu banyak orang yang ketergantungan memegang hp di setiap saat. Ini juga akan mempengaruhi perilaku dan bahkan sikap serta perilaku pada pelaku", kata Efi.

 Ia menambahkan berdasarkan data bahwa banyak kalangan anak orang mampu yang kena dampak positif (memanfaatkan digital). Sedangkan anak anak dari kalangan lemah justru kena dampak negatifnnya.

Inilah yang harus diantisipasi olrh pemerintah. Hal ini juga sudah dilakukan oleh Japan. Maka pemerintah diharapkan juga melakukan antisipasi. Hal ini tujuannya supaya nilai nilai lokal kemanusiaan tidak terhilangkan oleh akibat digital.

Pada kesempatan sama, Kepala BAPPEDA Bantul, Ir Fenty Yusdayati MT mengatakan diharapkan Bantul harus kuasai era revolusi industri.

Semantara itu , Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih menyatakan revolusi industri sudah menjadi bagian fari perkembangan dunai.

Namun hal  hal yang neratif akibat digital harus diantisipasi. Ini salah satu tugas pemerintah Kabupaten Bantul", kata Halim

Ia.mengharapakan, Bantul nantinya diharapkan bisa memenuhi sarana dan prasarana era digital sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya di bidang lembaga yang menanganinya. misalnya di dunia pariwisata, industri dan perdagangan ‘pardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi