Kembali Ke Index Video


Bantul-Gencarkan Sosialisasi Program Transmiggrasi

Rabu, 10 April 2019 | 06:18 WIB
Dibaca: 540
Bantul-Gencarkan Sosialisasi Program Transmiggrasi
Program transmigrasigrasi

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Daerah - Pemerintah Kabupaten Bantul DIY melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertran) menggalakkan sosialisasi dan penyuluhan program transmigrasi di tengah masyarakat.

Hingga kini program transmigrasi masih menjadi andalan dan tetap dipertahankan karena efek positifnya nyata. Bukan hanya sekedar untuk mengurangi kemiskinan namun lebih dari itu karena para transmigran juga banyak yang sarjana (S1). sebagaimana pada tahun tahun sebelumnya",

Demikian papar Kabid Penempatan Tenaga Kerja Perlindungan Kerja dan Trasmigrasi Disnakertran Kabupaten Bantul, Istirul Widiastuti SIP.MPA, pada sosialisasi transmigrasi di Balai Desa Imogiri kabupaten ini, Selasa (9/4).

Menurutnya, pada dasarnya semua warga Bantul diperbolehkan ikut mendaftarkan diri sebagai calon transmigran, namun nantinya semuanya akan diseleksi . Yang memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari  Dinakertrans saja yang diberangkatkan ke daerah tujuan penempatan. Seleksi tidak hanya terbatas administrasi saja akan tetapi meliputi tes fisik dan psikologisnya.

 Ini semua tujuannya adalah agar para transmigran benar benar yang berminat dan cancut taliwondo untuk memperbaiki taraf hidupnya . Artinya mereka bisa bekerja secara mandiri dan profesional di daerah tujuan penempatan transmigrans.

Oleh karena itu para calon trasnmigrans yang telah dinyatakan  memenuhi persyaratan, sebelum diberangkatkan akan memperoleh pelatihan di bidang pertanian dan kerampilan lainnya sehingga benar benar siap untuk bekerja keras di penempatannya", tambah Istirul.

Ia juga menjelaskan kepada para peserta sosialisasi, pada tahun lalu para transmigran yang dikirimkan juga memperoleh kiriman uang dari Pemkab Bantul per KK Rp 70 juta. Ini merupakan bukti keseriusan untuk mensukseskan program transmigrasi.

Seperti halnya, contohnya pada tahun 2015 para transmigran asal Bantul ditempatkan di sejumlah wilayah diantaranya di Kalimantan yang merupakan daerah lumbung padi di sana. Maka mereka bisa lebih mudah untuk maju berkat pertanian.

Sementara itu, Kasi Penempatan Tramsmigrasi, Isti Wasono SPt, mengatakan, para trasmigran dari Bantul berdasarkan survai dan hasil peninjauan di lokasi penempatan pada umumnya mereka cukup maju dan.sudah bisa hidup. Diharapkan nantinya bisa sukses.

Tentang persyaratan administrasi pendaftaran calon trasmigrasi di Bantul tidaklah sulit. Diantaranya foto copi KTP, C1 dan Surat Nikah. Hanya saja mereka hanya berlaku yang berusia18 hingga 50 tahun," kata Isti

Wasono.

Mengenai banyaknya jumlah sosialisasi program trasmigrasi tahun 2019 di Bantul ada di 8 desa atau 18 dusun dan ada beberapa kali pertemuan di radio.

Sosialisasi di Balai Desa Imogiri kali ini diikuti oleh sekitar 75 peserta. Ini memperoleh tanggapan positif dari Lurah Imogiri Sunardi sebagaiman dalam sambutan yang disampaikannya. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi