Kembali Ke Index Video


Ada Kades di Magelang Tak Paham Tugas Wartawan’Wilayahnya Ada Longsor Juga Tidak Tahu

Rabu, 15 Januari 2020 | 08:05 WIB
Dibaca: 131
Ada Kades di Magelang Tak Paham Tugas Wartawan’Wilayahnya Ada Longsor Juga Tidak Tahu
WARTAWAN BEKERJA UNTUK MEMAJUKAN NEGARA DAN DESA SELAIN JUGA MEMILIKI KEGIATAN MELAKUKAN KONTROL SOSIAL

Magelang-media pastvnews.com : Aneh, diera keterbukaan informasi publik dewasa ini, ternyata masiH ada saja kepala desa (Kades) tidak paham tugas dan fungsi seorang wartawan. Gara-gara tak paham, sang Kades tersebut memilih menjauhI dari kehadiran wartawan alasan tidak paham tugas wartawan.

Kejadian ini, terjadi wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di daerah wisata tersebut, ternyata ada diantara Kades mengaku JUSTRU tak paham terkait wartawan.

"Apa itu wartawan. Tugasnya apa ? Maaf ya, saya tidak paham wartawan. Saya permisi ada kerjaan lain ya," ujar seorang Kades dari salah satu desa di wilayah Kecamatan Blongkeng Ngluwar, Magelang, Selasa (14/01/2020).

Awak media yang datang menemui Kades tersebut sebelumnya juga sudah memperkenalkan diri. Bahkan menunjukkan identitas persnya dan menyampaikan persoalan yang hendak dikonfirmasi.

"Kita sebenarnya mau konfirmasi terkait kabar adanya banjir dan adanya tanah longsor diwilayahnya," timpal si wartawan.

Namun yang mengejutkan, Malah oknum Kades tersebut tidak mengetahui jika diwilayahnya ada bencana tanah longsor yang mengakibatkan jalan desa, terputus.

Mengenai masih adanya kades tidak memahami fungsi wartawan disesalkan oleh Agustian, S.IP, pengamat pemerintahan desa dan informasi publik.

Alumni salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta jurusan penyiaran ini mengatakan era saat ini sudah saatnya kades dan perangkatnya paham tugas wartawan. Jika tidak memahami tugas-tugas wartawan maka dapat dipastikan pembangunan di desanya, tidak akan berjalan mulus.

Bagaimana bisa jadi kades kalau tidak paham tugas wartawan. Mereka itu-kan sahabat dalam menyampaikan informasi kepada publik sehingga kiprah positif dapat di lihat pemerimtah pusat sementara itu Wartawan memiliki peranan penting dalam suatu negara termasuk di level desa, RT dan lainnya," terang Agus.

Digelontornya dana miliaran rupiah ke desa, maka otomatis kehadiran media disana sangat di butuhkan.

 Pasalnya, selain memberikan penyampaian informasi kepada publik tentang dana desa, wartawan juga bertugas melakukan fungsi kontrol untuk lebih baik disana, oleh sebab itu, kades mestinya merangkul wartawan dan tidak menempatkan pekerja media sebagai bagian untuk memajukan desa bukan mlah menjauh atau menganggap musuh. (Mad)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi