Kembali Ke Index Video


Rambut Den Ayu Roro Jonggrangg di Wonosari "Sehingga di Bangun Petilasan Roro Jonggrangg

Rabu, 19 Februari 2014 | 23:40 WIB
Dibaca: 3289
Rambut  Den Ayu Roro Jonggrangg di Wonosari "Sehingga di Bangun Petilasan Roro Jonggrangg
FOTO LUKISAN RORO JONGGRANGG (TV TRANS 7) ACARA TUKUL JALAN JALAN TANGGAL 26/1/2014

Patuk-Pastvnews.com, eklusif, ringan dan terpercaya, salah satu desa wisata yang baru hangat dan muncul di permukaan adalah desa wisata Jurug Taman Sari(JTS) desa wisata ini berada di Wonosari Semoyo Patuk Gunungkidul DIY.

Meski baru hadir sejak Akhir November 2013, namun aroma desa wisata ini sudah banyak di cium calon wisatawan dan insan pariwisata.

Desa wisata Jurug Taman Sari  tersebut tak hanya menyajikan wisata alam saja, akan tetapi juga memiliki wisata sejarah  luhur yakni Petilasan Roro Jongrang.

Konon petilasan yang berada di pinggir jalan Padukuhan Wonosari paling timur masuk RT 04 tersebut, dahulunya merupakan tempat peristirahatan Roro Jongrang di saat pulang dari undangan Sunan Giri dan Sunan Madang penting di sekitar Gunungkidul dan pantai selatan. Ketika dalam perjalanan pulang ke Prambanan sempat singgah di Wonosari Semoyo.

Kala itu, rombongan Roro Jongrang berhenti di tempat yang masih  hutan belantara, karena sebelumnya perjalanan jauh dan perbekalan menipis termasuk air minumnya, maka para pengawalnya lantas berpencar  untuk mencari sumber mata air di sekitar lokasi istirahatnya.

Roro Jongrang yang terkenal cantik dan memiliki rambut hitam terurai yang hampir sepinggang, lalu berputar – putar dan duduk di batu - batu besar secara berpindah-pindah.

Para pengawal yang di dalamnya ada 2 orang Pangeran yang ingin berebut mempersunting dan tergila-gila dengan kecantikan Roro Jongrang, maka dia juga ikut mencarikan air.

Juru kunci petilasan Roro Jonggrangg sedang membersihkan petilasan

Dalam proses pencarian air yang agak lama dan mereka para pengawal juga belum berkumpul, maka Roro Jongrang yang kecapekan dengan rambut terurai  kurang tertata tersebut,  Dia kemudian duduk  serta mengambil alat  Make up termasuk  sisir  yang berguna untuk menata rambutnya, hal ini agar rambut dan kecantikannya tetap kembali mempesona.

Roro Jongrang saat melakukan sisir rambut mengetahui, bahwa sebagian rambutnya ada yang lepas, sehingga rambut  itu di gulung selanjutnya di  masukan dalam wadah dan pendam di sekitar lokasi tempat istirahatnya.

Lokasi tempat istirahat  itu kini  oleh warga setempat di beri tanda sebuah bangunan kotak yang tertulis petilasan Roro Jongrang. 

“Jadi jangan heran bila sampai sekarang  para wanita bermake up dan menyisir rambut, kemudian ketika rambutnya ada yang  jatuh lalu di simpan itu, adalah meniru Roro Jongrang agar Dia tetap tampil cantik dan menarik. artikel Copy right pastvnews.com, dan sesuai brosur desa wisata wonosari (JTS)."team redaksi"

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi