Kembali Ke Index Video


PINDUL BANYAK GESEKAN BOM WAKTU AKAN MELEDAK SETIAP SAAT !

Selasa, 16 Juni 2015 | 17:02 WIB
Dibaca: 969
PINDUL BANYAK GESEKAN BOM WAKTU AKAN MELEDAK  SETIAP SAAT !
Subagyo pokdarwis dewa bejo di goa pindul

Media  digital online PASTVNEWS.COM, Dewa Bejo itulah sebutan salah satu Pokdarwis di Gua Pindul, yang menjadi pelopor dan tidak bisa DI pungkiri Dewa Bejo menjadi cikal bakalnya Pokdarwis di sana, dan sudah banyak perjuangan dan jasanya sehingga Gua pindul menjadi salah satu Icon wisata di Gunungkidul.

Dengan perkembangan yang cukup pesat seperti saat ini tidak lepas dari perjuangan dari  “Si Dewa Bejo” yang dimotori Subagio ini.

Dengan sederetan penghargaan baik tingkat daerah sampai tingkat Nasional pernah diraihnya, ini menunjukan Dewa Bejo merupakan Pokdarwis yang perlu dicontoh di tempat-tempat wisata yang lain.

Namun demikian walaupun sudah menumpuk penghargaan bukan berarti sudah tidak ada masalah di Gua Pindul, saat dikonfirmasi awak media pastvnews di kantornya Subagio “mengungkapkan, “ memang dari awal kita sudah banyak kendala, kita memulai dari bulan Juni 2010 dari kita cuma 4 orang waktu itu tidak ada yang memerintah sampai dikatakan orang gila, kelakarnya mengingat masa silamnya dalam mengorbitkan Pindul ke kancah dunia wisata.

Bahkan yang tadinya pokdarwis  cuma Dewa nama Bejo sekarang sudah 10 nama pintu atau 10 Pokdarwis melihat kenyataan ini, tentu saya sangat khawatir “kenapa khawatir, ya nama Pindul ini khan sudah menjadi icon desa wisata, dengan adanya banyak kelompok seperti sekarang ini maka timbul sudah tidak ada aturan yang jelas, dan standar safety yang baku.

Standar pemanduan juga belum ada, paling tidak khan harus punya panduan aturan yang jelas, seperti kelompok yang baru-baru ini muncul  berkompeten atau tidak, itu yang saya prihatinkan ‘Papar bagyo yang pernah menjadi tersangka terkait pengelolan pindul tersebut.

Di sesi yang lain Bagyo juga menjelasakan, aturan dan standar Dewa Bejo, Kalau Dewa bejo dari awal memang sudah ada pelatihan-pelatihan dari mahasiswa UGM, dan pelatihan yang lain, tetapi kalau kelompok lain mereka yang penting bisa memandu saja, dan itu tidak ada yang melarang walaupun belum punya standar pelatihan safety. “jelas Bagyo.

Dan seharusnya karena ini sudah diambil aleh oleh pemerintah dalam hal ini Pemda, ya  dinas Pariwisatalah yang mempunyai kewenangan untuk membuat aturan yang jelas.

Harapan saya selaku perintis “Pemerintah harus ikut membenahi Pindul dan bisa memberikan pengarahan untuk satu pintu saja, supaya gesekan –gesekan atar kelompok tidak terjadi.

Tetapi kalau pemerintah tidak bisa ikut terjun langsung memberikan aturan yang jelas, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi bom waktu yang bisa  meledak. “Jelasnya kembali. “Wjn.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi