Kembali Ke Index Video


Embung song bolong selo pamioro mengandung geo edukasi

Minggu, 8 Januari 2017 | 09:03 WIB
Dibaca: 2345
Embung song bolong selo pamioro mengandung geo edukasi
embung song bolomng selopamioro bantul

Bantul media pastvnews.com, salah satu embung yang berada di bantul yang satu ini memang belum banyak di kenal luas sehingga keberadaannya belum populer seperti halnya embung Gunungapipurba di Patuk Gunungkidul.

Embung selo pamioro memiliki daya tampung air sekitar 9317 m3 bangunan berada di Padukuhan lanteng 1 kawasan embung cukup eksotis sebagai salah satu tempat untuk cuci mata memandang alam yang terbentang luas.

Embung selopamioro bagi warga setempat menamai embung song bolong karena di lokasi terdapat bebatuan dan song-song di bawah batu breksi.

 

embung song blong

Menurut  pemuda setempat air yang tertampung untuk pengairan sawah kisaran 1000 meter dan telah di buatkan selokan ini sangat bermanfaat untuk pertanian, kata para pemuda di sela-sela kerja bakti membuat gupon burung dara 9 januari 2017 di kawasan embung song bolong.

Sebelum menjadi embung dulunya sudah sering di bendung secara tradisional dengan cara menganyam jerami untuk di alirkan ke sawah ini sejak zaman penjajahkan , adanya embung warga sangat terbantu terkait pertaniannya.

 Lokasi ramai saat hari sabtu dan minggu pagi biasanya juga lokasi untuk outbond yang biasanya di awali dari lapangan dan menuju embung, ya susur kali dan alam, wisata alam yang ada di sini cukup banyak seperti, embung, air terjun kedung bunder, bukit manjung, air terjun kedung jumbleng, untuk  bukit manjung panorama alam, dapat melihat sunset.

Sementara kami karang taruna mengembangkan wisata hobi salah satunnya pemelihraan merpati dan kami membuat guponnya. Untuk pokdarwis sudah ada ketua bapak widodo untuk karang taruna menjadi bagian itu sehingga kami juga sering memandu’  

Untuk lanteng satu masih melestarikan yakni adanya sedekahan menjelang musim tanam lokasi di kawasan embung untuk sedekahan gede 5 tahun dengan peserta lateng satu dan lanteng 2 .  pemuda menggalakan untuk memlihara eko sistem maka warga di larang menyetrum dan memotas ikan di sungai song bolong  ‘papar suranto ketua karang taruna sertempat.  Menurut Nur/my




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi