Kembali Ke Index Video


Dinas Pariwisata Yogyakarta Ke depan Kembangkan Kampung Prawirotaman

Kamis, 8 Desember 2016 | 09:05 WIB
Dibaca: 2217
Dinas Pariwisata Yogyakarta Ke depan Kembangkan Kampung Prawirotaman
KADINAS PARIWISATA DIY ARIS RIYANTA

Jogja media pastvnews.com, Ke depan sektor pariwisata dijadikan program unggulan nasional yang harus diimplementasikan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Di mana pengembangan dan pembangunan kawasan wisata nantinya akan berpayung hukum dalam bentuk Peraturan Presiden ( Perpres).

Pembangunan kawasan wisata mutlak dilakukan guna menarik minat wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Sehingga wisatawan yang berkunjung akan semakin betah hingga akhirnya dapat menambah lama tinggal wisatawan di suatu destinasi.

Dan Yogyakarta selain dikenal sebagai kota Pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata setelah Bali. Oleh karena itu penataan dan pengembangan kawasan harus dibenahi  agar semakin menarik wisatawan. Mengacu pada rencana pembangunan kawasan strategis pariwisata nasional, kota Yogyakarta akan melakukan pengembangan dua sub kawasan wisata, yakni kampung Prawirotaman dan Kaneman.

Sudah tidak diragukan lagi kalau sepanjang jalan Prawirotaman dan sekitarnya menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Belasan café yang berderet menjadi tempat yang nyaman bagi para turis asing dalam mengisi liburan mereka. Mengingat hal tersebut, Dinas Pariwisata Yogyakarta menjadi Prawirotaman menjadi salah satu tempat yang diprioritaskan dalam pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Aris Yulianto MSc mengatakan kampung Prawirotaman telah menjadi kampung turis. Dimana Prawirotaman sudah ada didalam hati mereka, wisatawan mancanegara. Wisatawan dari berbagai negara selalu singgah di Prawirotaman dan sekitarnya. Sehingga Yogyakarta menyandang predikat kota wisata ke dua setelah Bali.

“Melihat kondisi tersebut, ke depan Kampung Prawirotaman menjadi bagian yang diprioritaskan dalam pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN). Di tempat ini nantinya akan dilengkapi atau dibangun panggung hiburan sehingga wisatawan dalam menikmati atraksi seni dan budaya.

Selain Prawirotaman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga melakukan pembangunan sub kawasan Kaneman yang berada di lingkungan Keraton.” jelas Aris di sela-sela  sosialiasi penyusunan rencana induk KSPN Kota Yogyakarta.

Aris menambahkan adanya panggung hiburan yang mengelar berbagai event, pelaku industri wisata dapat memanfaatkan hal untuk menarik wisatawan. Dimana nantinya pihak stake holder yang ada akan selalu mensuport kegiatan tersebut yang pada akhirnya dapat menambah lama tinggal wisatawan mancanegara.

Sementara ketika dikonfirmasi soal target kunjungan wisatawan asing di tahun 2017, Aris menargetkan peningkatan sebanyak 10%-15%. Aris juga menjelaskan wisatawan mancanegara yang berkunjung selama terbanyak masih ditempat Belanda disusul Jepang dan ketiga wisatawan dari Malaysia.’ anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi