Kembali Ke Index Video


Temu Alumni Gambir Sawit di Ndalem Tjakrawarsitan 2018

Selasa, 6 Maret 2018 | 20:59 WIB
Dibaca: 192
Temu  Alumni Gambir Sawit di Ndalem Tjakrawarsitan 2018
TEMU ALUMNI GELAR ACARA

Jogja-media online limntas sosial hampir lebih dari  20 an tahunan,  Seni Karawitan di bawah  Yayasan Karawitan Gambir  Sawit yang diprakarsai seniman  asal  Yogyakarta ini, KPH  Notoprodjo (KRT Wasitodipuro), Ki Wiryah  Sastrowiryono, R. Suprapto Atmosutidjo.

Ki Nayono dan Ki Suwariyun yang dalam  perjalanan menggeluti seni khususnya  Karawitan ini tidak semulus dengan  kesenian yang  lain,seperti  campur sari dsb yang lebih banyak  menjanjikan, karena  satu  keinginan  yang begitu kuat seniman tersebut hanya  ada satu niat  luhur  untuk  melestarikannya, “nguri-uri” budaya  Jawa.

Berangkat dari keprihatinan dan kepedulian, terhadap  seni karawitan,  di Yogyakarta. Seni karawitan di bawah Yayasan Gambir Sawit,  alumninya yang tersebar di berbagai daerah, berupaya untuk  “ngumpulke  balung pisah” dalam wadah “ temu alumni “. Tercatat sejak  berdiri 1 Januari 1995, keanggotaanya berjumlah 400 orang. 

Hal tersebut  disampaikan, Ketua  Yayasan  Gambir Sawit Tri  Warsono Tjakrawasita, S.E.,M.M. Sunardi dan Siswadi dalam  jumpa pers, yang berlangsung di Ndalem Pendapa  Manis Rengga,Ndalem Tjakrawarsitan,Tempel, Wiroguna UH 3/856, Yogyakarta (5/3/2018).

Menurutnya, untuk  merivitalisasi  keberadaan Yayasan Gambir  Sawit , di tahun  2018, pengurus akan mendayagunakan kembali segenap potensi Gambir Sawit sebagai  upaya melestarikan dan mengembangkan  seni karawitan Jawa di Yogyakarta.” Agenda utama  dalam temu alumni Gambir  Sawit, direncanakan  Maret 2018, di Ndalem  Tjakrawarsitan,” ungkap  Tri Warsono Tjakrawarsita.

Masih  menurut,  Tri Warsana Tjakrawarsita,  temu alumni  sebagai ajang silaturahmi,juga  sebagai  sarana untuk  menggali  ide, gagasan, serta sumbang saran  dari para  alumni terkait  Yayasan  Gambir  Sawit.

Dari hasil pertemuan, akan dijadikan bahan masukan untuk pembuatan kalender  kegiatan  di  Seni Karawitan Gambir Sawit. Kegiatan yang sudah berlangsung ,  meliputi Kursus Karawitan Dasar dan lanjutan” papar Tri Warsono.

Diakui, Tri Warsono tidak semua alumni yang tersebar di berbagai  daerah dan  tidak bisa dihubungi meski demikian berharap  agar para  alumni bisa  hadir dalam temu  alumni yang bakal digelar di ndalem Tjakrawarsitan, Tempel Wrogunan Yogyakarta’ isan Riyanto




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi