Kembali Ke Index Video


Ribuan Warga Jogja Teguhkan NKRI

Kamis, 8 Desember 2016 | 19:10 WIB
Dibaca: 1196
Ribuan Warga Jogja Teguhkan NKRI
WARGA DIY KIRAB BUDAYA TEGUHKAN NKRI

JOGJA MEDIA PASTVNEWS.COM SEKIOTAR  dari 4000 orang   terdiri dari berbagai lintas  kalangan elemen masyarakat  di  DIY,  dengan mendapat dukungan  dari  KOREM 072/ Pamungkas, POLDA DIY melakukan  gerakana bersama di  jantung kota Yogyakarta dalam rangka meneguhkan  ke Indonesiaan  yang berdasarkan  Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika  dan Undang-undang  Dasar  1945.

Aksi  yang melibatkan lebih dari  43  elemen masyarakat tersebut melewati sepanjang jalan Malioboro,  dengan rute Taman Parkir  Abu Bakar Ali,  Kepatihan dan berakhir di Plaza   Monumen SO 1 Maret.

Sebagaimana diungkapkan, Widihasto WP  selaku Koordinator Umum menyatakan dengan diadakan Gerakan Nusantara Bersatu ditujukan untuk  memupuk rasa  bersatu  ke Indonesia-an,  yang berakar  dari  kemajemukan suku, bangsa, ras  dan agama.

 “ Sebagai  generasi penerus bangsa,  kita semua  wajib  memperkokoh  NKRI dan berperan  serta  dalam proses  pembangunan  bangsa agar  Indonesia menjadi Negara  yang kuat   dan masyarakatnya  makmur, kita semua sepakat  bahwa Pancasla, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI  adalah harga mati” tandasnya.

Gerakan kebangsaan yang berlangsung tertib,  diawali kirab  budaya  dari Taman Parkir Abu Bakar Ali untuk selanjutnya  melewati  jalan Malioboro dan berakhir  di panggung  utama Plaza  Moumen SO  Maret  dimeriahkan dengan berbagai atraksi dari marching band Akademi  Militer Magelang, sejumlah kendaraan  taktis  TNI/POLRI, budayawam,  akademis,  organesasi ,komunitas relawan,  kepemudaaan, seniman, pencak silat,  profesi  dan  pelaku UMKM.

Dimeriahkan berbagai jenis kesenian dan musikalisasi  puisi  oleh Untung  Basuki,  pembacaan teks  Pancasila dan UUD  1945, dan diakhir pidato ikrar Kebangsaan oleh  Teguh Sudirman putra  Panglima Besar  Jenderal Sudirman. Doa lintas agama dan penutup  dengan lagu Indonesia  dipimpin oleh  penyanhi  rock  era tahun 80 an, Ecky  Lamoh. ( isan )

 IKRAR KEBANGSAAN

KAMI  rakyat Indonesia berikrar untuk  senantiasa  setia  pada idelogi  Pancasila   sebgaia dasar  Negara  Kesatuan Republik Indonesia dan bertekad  mengamalkan  nilai-nilai  yang terkandung  dalam Pancasil dalam kehidupan di tengah masyarakat.

KAMI rakyat  Indonesia berikrar untuk senantiasa  saling hormat  menghormati  dan mengutamakan  sikap  toleransi dengan  sesama  warga  bangsa  lain  yang beraneka ragam,  suku,  adat istiadat dan agama sebagaimana  semangat  yang  terkandung  dalam semboyan  nasional  Bhinneka  Tunggal Ika.

KAMI  rakyat Indonesia berikrar, untuk senantiasa  melindungi  segenap  tumpah darah Indonesia  berperan  aktif  dalam upaya  mencerdaskan  kehidupan  bangsa  dan memajukan  kesejahteraan  umum serta  siap menjadi  agen  perdamaian  dunia  sebagaimana   termaktub  dalam Pembukaan  Undang-Undang  Dasar  1945. san/red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi