Kembali Ke Index Video


Kirab Budaya Pucung Dengkeng Meriah 2 Gunungan Buah Sekejab Ludes di Tengah Aspal

Minggu, 10 Mei 2015 | 18:15 WIB
Dibaca: 4389
Kirab Budaya Pucung Dengkeng Meriah 2 Gunungan Buah  Sekejab Ludes di Tengah Aspal
gunungan sebelum di perebutkan warga

Pucung-PASTVNEWS.COM, Minggu 10 Mei 2015 warga Masyarakat Pucung Dengkeng Wukirsari Imogiri Bantul terlihat sibuk, dan terlihat berlalu lalang warga yang memadati jalan utama Pucung dalam rangka melakukan kirab budaya 2015 yang berakhir perebutan 2 buah gunungan buah di lokasi yang telah di sediakan panitia.

Dari sejulah bregodo yang di tampilkan banyak ragam kebudayaan lokal seperti solawatan, jatilan, petani, pasukan berkuda prajurit, srikandi dan lain lain.

Dukuh Dengkeng Sarjito ketika di mintai penjelasan media pastvnews.com, di sela sela acara mengugkapkan, acara baru pertama kali dan ini terselenggara berkat kesadaran warga dalam melestarikan budaya lokal.

Terkait pendanaan warga juga masih gotong royong tanpa bantuan pemerintah Kabupaten Bantul maupun DIY. Usai kirab budaya malamnya ada pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dan orkes campursari, papar bapak Dukuh.

Acara kirab mengambil star di halaman masjid attaqwa kemudian jam 14.30 ada upacara pelepasan yang di hadiri camat Imogiri beserta perangkat desa setempat.

Untuk rute jalur keliling kampung melewati karangtalun  sampai di patung petruk hingga di rumah bapak Dukuh Dengkeng.

di halaman masjis dengkeng upacara pelepasan kirab budaya 2015

Kedepan kami akan minta bantuan ke dinas dan budaya agar intensi tersebut dapat memberikan sumbangan terkait pelestarian budaya,  apalagi di sana ada dana keistimewaan DIY untuk pelestarian budaya.

Sementara kami masih gotong royong Mas, tolong ini sampaikan agar sampai di sana "kata Bapak Dukuh serius.

Terpisah sekertaris pelaksana acara kirab budaya 2015 Sulisnaka  Rasa Susila, menyampaikan acara ini juga sekaligus sebagai pintu gerbang Wukirsari dan Pucung sebagai kawasan dan desa wisata.

Sedang Gioyono Ketua panitia kirab dan wayangan mewakili panitia juga sependapat gagasan acara di sambut meriah bahkan di anggap sukses, kedepan akan di kemas lebih jos lagi "pungkasnya. tim red/fiq




Video Terkait


1 Komentar
Yulisnaka
Senin, 11 Mei 2015 | 16:42 WIB
terima kasih berita kirab budaya dengkeng pucung telah diupload....tolong tamu dari kabupaten juga disebutkan, karena beliau staf ahli...data kemarin tlah kami emailkan. terima kasih
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi