Kembali Ke Index Video


Sekda Anyar, Joki Pindul Akan Di Tertibkan

Rabu, 4 Januari 2017 | 09:56 WIB
Dibaca: 1846
Sekda Anyar,  Joki Pindul Akan Di Tertibkan
dok.ilustrason

Wonosari, (Pastvnews.com) - Kenyamanan pengunjung Goa Pindul semakin dikeluhkan para wisatawan sehingga jumlah pengunjung dihari-hari biasa berkurang ketika para joki, atau penduduk sekitar kawasan Goa Pindul menawarkan jasa mengantarkan dan menunjukkan jalan menuju lokasi wisata Goa Pindul.

Keluhan ini disampaikan wisatawan karena petunjuk arah menuju ke wisata pindul dimana-mana dan terkesan membingungkannya.

“Dari mulai daerah Patuk sudah puluhan petunjuk jalan dan jasa mengantar ke gua pindul, sehingga bingung saya mau mengikuti yang mana,”kata Yanti Yustilaningsih, wisatawan asal Semarang.

Apa tidak bisa jalan itu hanya satu jalur saja, sehingga wisatawan yang dari jauh-jauh itu tidak dipusingkan dengan arah petunjuk jalan dan joki, imbuhnya.

Memang  diakui penataan dan pengelolaan di obyek wisata gua pindul masih semrawut, selain masalah joki,  juga  dengan banyaknya operator bisa dimungkinkan akan timbul gesekan antar operator, sehingga itu juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung.

Berbagai upaya sudah dilakukan tetapi hasilnya tetap saja belum maksimal, beberapa bulan yang lalu upaya beberapa kelompok pengelola mengadu ke Dinas Ke bu - dayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar). Mereka  menyam paikan banyak keluhan mulai dari munculnya kelompok pengelola yang tidak mema tuhi kesepakatan mengenai izin memasukkan wisatawan hing ga persaingan harga yang tidak sehat hingga munculnya joki-joki yang meresahkan kenyamanan wisatawan. Ketua Pokdarwis Dewa Bejo, Bagyo, menyampaikan pada saat itu,  bahwa persoalan Pindul sudah pelik, ia berharap pemkab benar-benar bisa menegakkan peraturan daerah (perda) sehingga keadaan Pindul bisa membaik dan sesuai dengan aturan.

“Saya berharap Pemerintah Kabupaten benar-benar bisa menegakan peraturan, sehingga keadaan pindul bisa membaik dan sesuai dengan aturan,”harapnya.

Sementara itu Sekda yang baru dilatik, Ir Drajad Ruswandono, MT ketika dimintai pendapat menjelaskan kalau masalah joki pindul dan segala permasalahanya harus di benahi sestim managemen dan Sumber Daya Manusianya.

“Kuncinya harus dibenahi system menagemenya termasuk Sumber Daya Manusianya,” jelas Drajad Ruswandono, Selasa, 03/01/2017, setelah acara pelantikan di Bangsal Sewoko Projo.

Lebih lanjut ia mengatakan, karena salah satu program yang dicanangkan bupati adalah menjadikan Gunungkidul menjadi tujuan wisata, maka pindul secara bertahap juga akan dibenahi termasuk penertiban para joki.

“itu tugas saya untuk membantu program pemerintah mewujudkan cita-cita bupati Gunungkidul, secara bertahap akan kita upayakan supaya semua bisa tertip, tidak hanya pindul, tetapi semua tempat-tempat wisata,” pungkasnya.

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi