Kembali Ke Index Video


Kotak Suara Pemilu 2019 Disosialisasikan’ Warna & Bahan Baku Ganti

Selasa, 18 Desember 2018 | 18:32 WIB
Dibaca: 1460
Kotak Suara Pemilu 2019 Disosialisasikan’ Warna & Bahan Baku Ganti
KPU Bantul Sosialisasikan kotak suara pemilu 2019

Bantul - Pastvnews.com Media online politik dan Kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah mulai di distribusikan ke berbagai daerah dan langsung disosialisasikan.

KPU Kabupaten Bantul Daerah Istimemewa juga mengadakan sosialisasi karena warna dan bahan baku untuk pembuatannya lain (berubah) dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

Pada Pemilu 2019 kotak suaranya terbuat dari 'karton berbahan duplek' (karton kedap air). Pada Pemilu sebelumnya kotak suara terbuat dari alumunium", papar Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho saat  berbicara pada sosialisasi logistik Pemilu 2019 bagi PPK dan instansi terkait, di Bantul, Selasa.(18/12).

Menurutnya bahwa warna kotak suara untuk Pemilu 2019 putih. Ada satu sisi yang ada di bagian kotak transparan. Pada Pemilu sebumnya  semua bagian yang tertutup (tidak transparan).

Adanya kotak suara dari karton duplek seperti ini dasarnya adalah amanat Undang Undang nomer 7 tahun 2017 tentang Pemilu", jelas Joko.Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk bilik Pemilu 2019 di Kabupaten Bantul jumlahnya ada sekitar 11.000 buah.

Dari sejumlah itu yang terbuat dari alumunium  ada sebanyak 7.000 buah. Dan yang terbuat dari Karton duplek (bentuk dan warnanya baru) ada sekitar 4.000 buah. Ini kesemuannya (baik yang lama dan yang baru ) bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hal lain yang perlu diketahui adalah gembok untuk mengunci kota suara pada Pemilu 2019 insulok  (sejenis crat) atau semacam yang sering dipergunakan untuk borgol. Sedangkan pada Pemilu pemilu sebelumnya yang dipergunakan untuk mengunci kotak suara adalah gembok.

Pada Pemilu 2019 kotak suara ditempeli stiker. Untuk stiker  Kuning adalah untuk DPR RI. Warna biru untuk kotak suara DPR D Propinsi. Warna hijau untuk DPRD kota/ kabupaten. Stiker warna biru untuk DPD dan yang warna abu- abu untuk kotak suara capres.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi