Kembali Ke Index Video


Demokrasi Bukan Tujuan Tetapi Alat

Selasa, 24 Juli 2018 | 08:41 WIB
Dibaca: 1461
Demokrasi Bukan Tujuan Tetapi Alat
DISKUSI KENAGSAAN DEMOKRASI BUKAN TUJUAN TAPI ALAT

Jogja-pastvnews.com,  alam demokrasi terkadang masyarakat  ada yang salah mengartikan kata demokrasi bahkan tidak sedikit dari mrreka menganggap bahwa demokrasi adalah tujuan.

Sering saya bertanya kepada adik-adik mahasiswa itu demokrasi. Apakah demokrasi merupakan tujuan. Ternyata banyak di antaranya mereka mengartikan dengan salah. Demokrasi adalah alat untuk mencapai tujuan" terang politisi dari moncong putih Idham Samawi tersebut  dalam Diskusi Kebangsaan yang digelar Paguyuban Wartawan Sepuh ( PWS ) Yogyakarta.

Mantan Bupati Bantul ini menambahkan sila ke empat Pancasila merupakan produk yang dahsyat, mendorong kita untuk mengutamakan musyawarah. Karena dengan musyawarah membuat kita menjadi pintar secara bersama-sama.

"Biasanya setelah dengan hitung-hitungan angka maka  mereka akan menawarkan voting. Seharusnya jangan sedikiit-sedikit voting. Karena voting itu adalah demokrasi yang paling parah" ungkapnya.

Sedangkan St Sunardi, pemerhati budaya Yogyakarta mengatakan Pancasila bukan merupakan dokrinisasi komprehebsif. Akan tetapi Pancasila lahir bersamaan lahirnya bangsa ini. Sehingga Pancasila terlahir dengan dilumuri spirit kebangsaan.

"Dan Pancasila sebagai landasan etika berpolitik diharapkan menjadi inspiring imej. Yakni dengan melihat sejarah lahirnya Pancasila, perkembangan dan Pancasila sekarang ini. Oleh karena itu Pancasila harus dijadikan inspirasi bangsa" tuturnya.

Lebih jauh Sunardi berharap Pancasila bisa digarap dari aspek kewargaan budaya, tanpa mengesampingkan kewargaan dalam politik. Hal ini mengingat ada sebagian warga yang seolah-olah menjadu bagian budaya tertentu.

"Saya kira sudah saatnya etika politik kita menjadi politik sekolah budaya bukan lagi semata-mata politik untuk mencari suara. Dan Pancasila menjadi titik temu, arena bertukar pendapat" ujar Sunardi  ( anjar )




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi