Kembali Ke Index Video


UGM BERSAMA 12 INSTITUT GLOBAL LUNCURKAN WIKITROPICA

Jumat, 8 September 2023 | 16:26 WIB
Dibaca: 249
UGM BERSAMA 12 INSTITUT GLOBAL LUNCURKAN WIKITROPICA
dok foto pastvnews.com ugm

YOGYAKARTA- PAS TV NEWS.com  Universitas Gadjah Mada bersama Konsorsium 12 Institusi lainnya di Asia Tenggara dan Eropa, meluncurkan platform edukasi digital WikiTropica, bertempat di Swiss- belboutique hotel Yogyakarta, Kamis 7 September 2023.

 

Platform edukasi digital ini menjawab kebutuhan para tenaga kesehatan dan berbagai Institusi Pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kapasitas dibidang kedokteran tropis.

 

WikiTropica menjadi Instrumen pembelajaran daring/e-learning dengan pendekatan pelatihan kasus-kasus secara interaktif, dengan platform ini para tenaga kesehatan dan mahasiswa kedokteran.

Dapat memperkuat kapasitasnya dalam melakukan diagnosis, memahami gejala dan meresepkan obat, serta merefleksikan kompleksitas praktek medis sehari-hari.

 

Universitas Gadjah Mada memainkan peranan penting dalam konsorsium dibalik WikiTropica. Para akademisi dan klinisi fakultas Kedokteran ,kesehatan masyarakat dan keperawatan (FK-KMK) UGM berkolaborasi.

 

Kegiatan tersebut menghadirkan nara Sumber yaitu : Prof.Dr.Sri Suning Kusumawardani,ST., MT.(keynote speek)., Prof.dr.Yodi Mahendradhata,M.Sc,Ph.D.,FRSPH.(Dekan F.Kedokteran Kesehatan masyarakat dan keperawatan UGM).,

 

Steven Van Brouke,MD (anggota project HITIHE ITM).,dr.Vitri Widyaningsih,MS,Ph.D (anggota project HITIHE-UNS)., dr. E.Elsa Herdiana Mugandarwati,M.Kes (principal investigator project HITIHE-UGM).,Prof.dr.Ari Probandari,MPH,Ph.D (principal investigator project HITIHE-UNS).

 

Dr.Steven Van Den Broucke, dari TheI Institute of tropical medicine (ITM) Belgia, menekankan pentingnya diagnosis yang akurat, karena diagnosis yang salah dapat menyebabkan tindakan medis berlebihan.

 

Dr.E.Elsa Herdiana Murhandarwati dari pusat kedokteran Tropis FK-KMK-UGM menyampaikan bahwa seluruh anggota konsorsium termasuk Indonesia, berupaya untuk memberikan platform edukasi kedokteran tropis dengan menyediakan kasus yang sering ditemui secara riil di lapangan.

 

WikiTropica merupakan bagian dari proyek HITIHE yaitu jejaring kolaboratif profesional dibidang kesehatan yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan di Asia Tenggara.

 

HITIHE adalah kolaborasi antara Belgia (the Institute of tropical medicine-ITM), Kamboja (Institute of technology Cambodia, University of Healt Sciences, National Institute of publik Healt)., Indonesia (Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret).,Spanyol (Sant Joan de Deu, Vall d’Hebron, ISGLOBAL), Belanda (Universitas Maasstricht).

 

Proyek ini telah terlaksana dengan dukungan dari Program Erasmus + Uni Eropa dan Direktorat Jenderal kerjasama pembangunan dan bantuan kemanusiaan (DGD) dari Pemerintah Belgia. (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi