Lintas Sosial

Jogoboyo Tidak Di Atur Dalam Undang-Undang…

Kamis, 1 Juni 2017 | 08:24 WIB 0 comments
Jogoboyo Tidak Di Atur Dalam Undang-Undang… Media warta digital  pastvnews.com, Jaga warga dirasa sangat penting,disamping menjaga keamanan ketentraman dan mampu mengamankan di wilayah desa masing-masing, sementara Jogoboyo tidak ada lagi,karena tidak diatur dalam undang-undang.

Read more

HUT HNSI KE-44 HASILKAN DEKLARASI…

Selasa, 23 Mei 2017 | 07:52 WIB 0 comments
HUT HNSI KE-44 HASILKAN DEKLARASI… Bantul-media pastvnews.com, peringatan HUT Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI)ke-44 2017 Jogjakarta di pusatkan di panatai Depok Bantul dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan utusan HSNI se Indonesia.

Read more

Limbah Ban Bekas Mampu Menghambat…

Sabtu, 20 Mei 2017 | 10:06 WIB 0 comments
Limbah Ban Bekas Mampu Menghambat… Gedangsari-media Pastvnewes.com-Tikungan maut jalan propinsi yang melintasi Dusun Plasan, Desa Watu Gajah, Kecamatan Gedangsari  Gunungkidul dibuat rambu-rambu pengaman dengan menggunakan ban mobil bekas.

Read more

Tahun 2017 Gunungkidul Tak Mendapat…

Kamis, 18 Mei 2017 | 22:40 WIB 0 comments
Tahun 2017 Gunungkidul Tak Mendapat… Ngawen-media Pastvnews.com-Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perumahan tahun 2017  DIY yang mendapatkan baru Sleman dan Kulonprogo, sedang Gunungkidul termasuk ketinggalan dan tidak mendapat DAK untuk fisik bidang perumahan. “Padahal dana DAK ini cukup lumayan, sekitar Rp. 15 – 16 milyar, makanya saya menyarankan Gunungkidul juga mengusulkan ke pemerintah pusat,” kata Kabid Perumahan Dinas PUP-ESDM DIY, Birowo Budi Santoso, ketika menghadiri penyerahan buku tabungan BSPS di Balai Desa Jurangjero, Rabu,17/05/2017. Lebih lanjut, di jelaskan, DAK Fisik Bidang Perumahan dan Permukiman bertujuan untuk meningkatkan akses Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam rangka memiliki/ menempati rumah layak huni melalui peningkatan kualitas dan pembangunan baru sebagai upaya pencegahan dan penanganan perumahan kumuh dan permukiman kumuh di perkotaan.selain itu juga upaya untuk pencegahan perumahan kumuh di  kawasan permukiman kumuh terutama di daerah tertinggal, perbatasan serta kawasan pulau- pulau kecil dan terluar. “ DAK perumahan untuk anggaran tahun kedepan  akan ditingkatkan dari 1 trilyun menjadi 4 trilyun,” ungkapnya. Selain dari DAK bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini juga ada dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari propinsi, dari Bank Dunia dan dari beberapa Corporate Social Responsibility (CSR). BKK dari propinsi sebenarnya cukup banyak dan yang dari pusat ada bantuan dari Bank Dunia. Diakuinya, untuk bantuan dari Bank Dunia yang berjumlah  30 ribu unit bantuan rumah tidak layak huni,  DIY memang belum beruntung. “Dengan banyaknya bantuan dari berbagai sumber ini diharapkan pemerinah kabupaten bisa mengakses sebanyak mungkin, dan kalau diperlukan propinsi akan membantu,” tambahnya. Terkait dengan Bantuan Stimulant Perumahan Swadaya (BSPS) yang diterima masyarakat Gunungkidul, ia berharap supaya dijalankan sesuai dengan aturan yang sudah ada. “Karena ini akan selalu dipantau baik dari segi penyerapannya, penggunaanya maupun pelaksanaanya,  makanya diberikan bantuan tenaga pendamping, supaya tidak salah dalam melaksanakan program ini,” katanya. Apabila progresnya bagus tentu bupati dan gubernur juga akan memberikan apresiasi lebih kepada Gunungkidul. “Sehingga bantuan keuangan khusus yang diberikan kepada Gunungkidul nanti juga akan lebih meningkat,” pungkasnya. W. Joko

Read more

Hari Jadi Gunungkidul Tahun 2017…

Kamis, 11 Mei 2017 | 06:53 WIB 0 comments
Hari Jadi Gunungkidul Tahun 2017… Wonosari-media Pastvnews.com, Untuk menyambut hari jadi Gunungkidul biasanya diawali dengan Ziarah Ke makam Bupati Gunungkidul I, Mas Tumenggung Pontjodirjo di Ponjong. Untuk kali ini “mbedani” Pemkab yang dinakodahi Bupati Gunungkidul,  Hj. Badingah, S.Sos ziarah dilakukan ke semua mantan bupati yang sudah almarhum. Hal ini diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Azman Latif ketika mewakili bupati berziarah ke mantan bupati yang ke-24, Drs. KRT. Hardjohadinegoro (Drs. Yoetikno) di pemakaman umum Desa Pilangrejo. “Awalnya memang ke Bupati pertama dulu baru dipecah menjadi tiga kelompok, menyebar ke seluruh wilayah DIY karena makamnya tidak hanya di Gunungkidul saja,” ujar Azman, Rabu, 10/05/2017. Dikatakan Azman, bahwa ziarah ini sudah dimulai dari kemarin, Selasa, 09/05/2017, tujuannya selain bersilaturahmi dengan keluarga almarhum juga mendoakan kepada mantan bupati yang sudah almarhum karena  sudah berjasa kepada Gunungkidul. Hadir dalam rombongan ziarah ke mantan bupati ini terdiri dari eselon II dan III berserta muspika kecamatan Nglipar dan kepala desa se-Kecamatan Nglipar. Seperti kita ketahui, setelah melalui berbagai upaya yang dilakukan oleh panitia untuk melacak Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang dibentuk pada tahun 1984,baik yang terungkap melalui fakta sejarah.Penelitian dan pengumpulan data dari tokoh masyarakat berhasil menyimpulkan bahwa hari lahir Kabupaten Gunungkidul adalah Hari Jumat Legi tanggal 27 Mei 1831 atau Tahun Jawa 15 Besar Tahun Je 1758 dan Bupati yang pernah memimpin Gunungkidul adalah : 1. Mas Tumenggung Pontjodirjo, 2. Raden Tumenggung Prawirosetiko, 3. Raden Tumenggung Suryokusumo, 4. Raden Tumenggung Tjokrokusumo, 5. Raden Tumenggung Padmonegoro, 6. Raden Tumenggung Danuhadiningrat.  7. Raden Tumenggung Mertodiningrat, 8. KRT.Yudodiningrat, 9.KRT.Pringgodiningrat, 10.KRT.Djojodiningrat, 11.KRT.Mertodiningrat, 12.KRT.Dirjodiningrat, 13.KRT.Tirtodiningrat, 14.KRT.Suryaningrat.  15.KRT.Labaningrat, 16.KRT.Brataningrat, 17.KRT.Wiraningrat, 18.Prawirosuwignyo, 19.KRT.Djojodiningrat,BA, 20.Ir.Raden Darmakun Darmokusumo, 21.Drs.KRT.Sosrodiningrat, 22.Ir.Soebekti Soenarto, 23.KRT.Harsodingrat,BA, 24.Drs.KRT.Hardjohadinegoro (Drs.Yoetikno), 25.Suharto,SH . Hj. Badingah, Sos (bupati saat in). W. Joko Narendro.

Read more

Warga mendapat kasus hukum karangtaruna…

Kamis, 11 Mei 2017 | 06:47 WIB 0 comments
Warga mendapat kasus hukum karangtaruna… Nglipar –media Pastvnews.com-Karangtaruna Kecamatan Nglipar yang lama mati suri akhirnya belum lama ini ada pergantian pengurus baru. Dengan semangat Nglipar gemregah, Purwanti SH sebagai Ketua Karangtaruna Kecamatan Nglipar yang anyar, sepertinya akan membuat beberapa program bisa berjalan termasuk memberikan pendampingan warga masyarakat Nglipar apabila mendapat kasus hukum sampai ke pengadilan secara gratis.

Read more

Wabup Cuekin Data Angka Kemiskinan…

Kamis, 11 Mei 2017 | 06:37 WIB 0 comments
Wabup Cuekin Data Angka Kemiskinan… Karangmojo-Media Pastvnews.com-Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi tidak terlalu percaya dengan data angka kemiskinan di Gunungkidul. Yang terpenting on the spot dilapangan selama saya berkeliling ke desa-desa tidak ada yang merasa miskin,” ujar Immawan setelah mengahadiri acara lomba penilaian KUA teladan tingkat Propinsi di KUA Karangmojo, Senin siang, 08/05/2017.

Read more

Menghadapi Puasa Tahun 2017 dan…

Selasa, 9 Mei 2017 | 19:52 WIB 0 comments
Menghadapi Puasa Tahun 2017 dan… Nglipar-media pastvnews.com-lintas sosial untuk menjaga ketertiban, keamanan dan ketentraman di masyarakat Kecamatan Nglipar Komando Rayon Militer (Koramil) 04 Nglipar adakan komunikasi social dengan komponen masyarakat dan Pimpinan Kecamatan Nglipar, Selasa, 09/05/2017.

Read more