Kembali Ke Index Video


WISATA RELIGI DAN PANORAMA ALAM PUNCAK SEMILIR NATAH NGLIPAR GUNUNGKIDUL

Jumat, 29 Desember 2023 | 07:28 WIB
Dibaca: 145
DESTINASI ALAM PUNCAK SEMILIR NATAH NGLIPAR GUNUNGKIDUL

Gunungkidul media pastvnews.com. update  kabar seputar potensi pariwisata alam Gunung semilir. Satu dari sekian potensi alam yang menarik untuk di kunjungi adalah kawasan puncak gunungsemilir berada di Kalurahan natah kapanewon Nglipar Gunungkidul. 

Alam yang membentang dan terdapat gunung gunung dan  perbukitan ini memiliki panoram alam yang sangat luar biasa.

Menurut Bapak Paryanto tokoh dan warga padukuhan pringombo ini mengungkapkan lokasi  Puncak Semilir berada di ketinggian sekitar 876 di atas permukaan laut. kemudian deretan gunung di sebelah baratnya masuk kalurahan pilangrejo yang terdapat embung sriten.  Lebih lanjut dipaparkan kepada awak media pastvnews.com, 26 desember 2023.

Bahwa  selain panorama alam yang indah pengunjung dapat menyaksikan ragam alam diseputar gunungkidul.  Wisatawan juga  akan disuguhi view  alam elok yang mata bisa menyaksikan klaten jawa tengah dan sekitarnya.

Untuk pengelolaan Kebun buah dan alam ini dikelola oleh kelompok tani yang mengerjakan ragam tanaman keras. Seperti kelengkeng,rambutan,durian dan lainnya. Pengunjungpun bebas untuk memetik buahnya jika sudah berbuah namun memang tidak boleh banyak  hanya dimakan dilokasi.

Sedang potensi  yang telah lama  menjadi tempat jujugan untuk ziarah atau kini dikenal wisata religi adalah juga ada makam syeh ibrahim dan pangeran Purbukusumo  serta purbosejati. Kemudian makam Syekh ibrahim. Pangeran purbokusumo serta purbosejati  merupakan sebuah petilasan  dari beberapa tokoh  tokoh saat itu  yang bekaitan dengan  kerajaan majapahit dan pembentukan kasultanan ngayogyokarto.

Sedang pangeran purbosejati itu merupakan  keturunan ke 85  dan ke 86 dari raja  majapahit yakni brawijaya ke lima  dan berkait dengan sisa sisa Pelarian  laskar  prajurit tentara  dan pasukan berkuda. Kuda sembrani dari kerajaan majapahit.

Untuk syekh ibrahim itu dahulunya  merupakan salah satu tokoh  yang berperan  penting  dalam perjanjian giyanti  yang menjadi tonggak sejarah  penting dalam  pembentukan kasultanan ngayogyokarto hadiningrat  dan kasunanan  surakarta. Pada tahun 1746 pangeran mangkubumi  yang berperang melawan  belanda untuk merebut  kembali kerajaan  mataram yang kala itu telah jatuh  ditangan belanda dari pakubuwono dua  melalui perjanjian Ponorogo tahun 1743.

Dimana Nicolas hartings  selaku Gubernur  jendral Belanda  di pulau jawa pada saat itu  mendaulat syekh  ibrahim  dari turki  yang merupakan  sahabat serta guru ngaji  pangeran mangkubumi yang di daulat untuk menjadi juru penengah  dalam perjanjian giyanti  tahun 1755. Melalui  perjanjian  tersebut maka terbentuklah kasultanan ngayogyokarto hadiningrat. Demikian sejarah  makam yang ada di gunung semilir pringombo Natah nglipar Gunungkidul.

Kemudian berkait untuk berkunjung di lokasi sampai akhir tahun 2023 masih free atau tidak bayar karena memang belum ada pengelolaan secara khusus.

 Namun rencana mulai tahun 2024 pemerintah kalurahan natah akan mengelola potensi ini. Yang akan dibarengi dengan  pengelolaan obyek obyek yang lain diseluruh kalurahan. Dengan aturan baku agar menjadi bagian destinasi religi dan wisata alam yang istimewa dan akan di Garap secara serius tandas paryanto.

Senada dengan paryanto  lurah natah Wahyudi saat dihubungi Ia mengaku sangat setuju untuk di kelola dan dikembangkan. oleh sebab itu kami akan berupaya meregulasi ragam potensi tersebut agar kedepan bisa optimal. Harapannya kedepan menjadi aset yang memberikan pendapatan asli kalurahan serta dapat mensejahterakan warga sekitar. Tandas lurah tersebut.

sekedar informasi untuk berkunjung dan ziarah di lokasi maka sesuai aturan adat. warga  dan juru kunci telah memasang rambu rambu dimana. wisatawan dan peziarah harus sopan. karena lokasi makam syeh ibrahim masih wingit.

Tentu ada larangan seperti tidak boleh pakai topi, sendal dan niat suci serta ada larangan lainnya. kemudian setiap pengunjung akan dipandu juru kunci karena untuk masuk ke areal makam dari titik kumpul atau parkiran rumah bawah. Harus menaiki tangga sejauh sekitar 360 meter. demikian dari Gunungkidul tim redaksi media pastvnews.com update kabar potensi wisata alam dan religi.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi