Kembali Ke Index Video


Tumpengan Kenduri Ageng Yogyakarta Meriah 2017

Jumat, 20 Oktober 2017 | 18:45 WIB
Dibaca: 1049
Tumpengan Kenduri Ageng Yogyakarta Meriah 2017
PASCA PELANTIKAN GUBERNUR DIY OPEN HOUSE DENGAN WARGA

Ngayogyokarto- pastvnews.com, Lebih  3000 warga  Yogyakarta  dan sekitarnya  memadati Bangsal  Kepatihan Yogyakarta untuk mengikuti kenduri akbar.

Dalam kenduri  ageng yang  diselenggarakan  Pemda DIY Jumat (20/10/17) sekaligus open house tersebut  dihadiri  ribuan warga.

Hampir sudah dapat dipastikan  dari berbagai lapisan     hadir untuk “mangayubagyo” pelantikan Gubernur dan wakil gubernur DIY yang dilantik di Jakarta  oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo) 10 Oktoberi 2010 lalu.

Sebagai ungkapan rasa syukur,Pemda DIY mengemas dalam  acara tasyakuran dan menjamu seluruh tamu untuk menikmati hidangan   makan  secara  gratis.

Dalam  acara  tasyakuran  tersebut tak ada sepatah kata sambutan dari  Gubernur Tanpa, ada sambutan dari  Gubernur,kenduri ageng secara resmi dibuka  dengan diawali doa  oleh Mas  Riyo  Haji  Ngabdul Juwari abdi  dalem pemetakan Keraton Yogyakarta.Gubernur  DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan potong tumpeng yang kemudian diserahkan kepada   Sekda DIY, Gatot  Saptadi .

Hadir  dalam  kenduri ageng tersebut KGPAA Paku Alam X beserta istri, mendampingi Sri  Sultan Hamengku Buwono X. Ada sepuluh  tumpeng  untuk melengkapi Kenduri Ageng yang digelar  di Bangsal Kepatihan.Tumpeng tumpeng ini tersebut dari nasi putih dengan dilengkapi  berbagai sayur dan bumbu.

Dari kesepuluh tumpeng tersebut  mempunyai  makna tersendiri, seperti  Tumpeng Sangga Buwana yang mempunyai arti agar mendapat derajat  kemuliaan  tinggi dalam tata kehidupan.

Tumpeng  Kendhit yang menggambarkan  keberhasilan  mengatasi  berbagai  rintangan  dalam  hidup.Tumpeng  Robyong  yang  mempunyai  makna, keberhasilan  mendapat  dukungan  baik dari keluarga,lingkungan keluarga dan saudara.

Tumpeng Urubing Damar yang memunyai  makna  sikap dan sifat  seorang  pemimpin hendaklah  mampu  memberi  pengayoman dalam segala aspek.Tumpeng  Punar yang menggambarkan makna  kebulatan tekad untuk mencapai  kebahagiaan.

Tumpeng tumpeng ini terbuat dari  nasi putih yang dilengkapi  tujuh macam sayur lauk  inkung ayam dan  bumbu .

Tumpeng tersebut kemudian dibagikan untuk disantap bersama yang menggambarkan   manunggaling  kawula gusti.Usai menyantap  hidangan dilanjutkan pemberian ucapan kepada  Gubernur dan Wagub DIY dengan bejabat tagan. ‘Isan riyanto

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi