Kembali Ke Index Video


Ratu Hemas Bangga Sidomoyo Lestarikan Budaya Kraton

Selasa, 13 Maret 2018 | 07:23 WIB
Dibaca: 200
Ratu Hemas Bangga Sidomoyo Lestarikan Budaya Kraton
WARGA BERSMA GKR HEMAS

Sleman-Pastvnews.com, Warta daerah Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal daerah pemilihan Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menyatakan kebanggaannya melihat ibu-ibu Karanglo Sidomoyo nguri-uri seni budaya kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kebanggaan GKR Hemas disampaikan saat mengunjungi pedukuhan Karanglo Sidomoyo Godean Sleman dalam kunjungan kerjanya dalam penyerapan aspirasi dan sosialisasi.

"Saya bangga melihat ibu-ibu di sini dan remajanya yang terus menjaga dan melestarikan seni dan budaya kraton Ngayogyakarto Hadiningrat" tambah ibu dari empat putri ini.

Lebih jauh GKR Hemas mengatakan dengan nguri-uri kebudayaan sendiri berarti telah menjaga budaya adiluhung. Sehingga kesenian asli Indonesia ini tidak diklaim oleh negara lain.

"Kalau kesenian kita diaku milik Malaysia kita marah. Sedangkan kita tidak mau menjaganya. Salah siapa kalau seperti ini" tanya Hemas.

Ratu Hemas menambahkan apa yang dilakukan masyarakat Sidomoyo merupakan langkah yang tepat. Sehingga sen budaya kita tidak diambil negara lain.

"Kalau bukan kita sendiri yang melestarikan lalu siapa lagi" sambungnya.

 

Sementara itu Lurah Desa Sidomoyo Godean Haryadi mengatakan masyarakat Sidomoyo memang memiliki komitmen untuk melestarikan seni budaya yang memiliki nilai adi luhung.

"Beberapa jenis kesenian seperti tari, ketoprak dan lainnya dijaga dengan baik oleh masyarakat Sidomoyo" tandasnya.  Anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi