Kembali Ke Index Video


Ramadan 1445 H Wabup Sleman Hadiri Wiwitan Massal ‘Tradisi Wiwitan’ Terus Lestarikan

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:01 WIB
Dibaca: 48
Ramadan 1445  H Wabup Sleman Hadiri Wiwitan Massal ‘Tradisi Wiwitan’ Terus Lestarikan
Wabup Danang Maharsa, SE. Tradisi wiwitan adalah kearifan lokal untuk dilestarikan.

Sleman - Pastvnews.com Wiwitan massal jelang panen raya kelompok Tani Tiwir dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, SE pada Rabu 27 Maret 2024 di area persawahan Kalurahan Sumbersari Moyudan.

Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tiwir melakukan kirab yang juga diikuti Wakil Bupati Sleman dari kantor Kalurahan Sumbersari menuju area persawahan yang menjadi lokasi wiwitan masal jelang panen raya.

Danang menyampaikan perayaan wiwitan jelang panen raya menjadi salah satu kekayaan budaya patut dipertahankan. Ia mengatakan wiwitan sebagai salah satu upacara awal memanen padi juga merupakan satu upaya menjunjung kearifan lokal.

“Wiwitan jelang panen raya ini adalah kearifan lokal yang kita miliki dan benar-benar memiliki nilai lebih untuk di uri-uri atau dilestarikan,” jelasnya

Lebih lanjut, Danang menyampaikan bahwa panen raya ini merupakan berita baik untuk kembali menstabilkan suplai bahan pokok yang sempat mengalami penurunan drastis akibat musim kemarau berkepanjangan beberapa waktu lalu.

“Saya harap dengan panen raya ini stock bahan pokok di pasar semakin stabil sehingga masyarakat tetap dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” kata Danang

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Tiwir, FX Sumardi menyampaikan bahwa wiwitan jelang panen raya ini sudah rutin dilakukan setiap awal musim panen. Melalui tradisi ini ia berharap hasil panen di Kelompok Tani Tiwir dapat maksimal serta hasil panennya baik sehingga kesejahteraan petani meningkat.

Kami berharap dengan upacara tradisi wiwitan masal jelang panen raya ini dapat menjadi wujud syukur kami kepada Allah SWT dan berdoa agar hasil panennya baik dan meningkatkan kesejahteraan kami para petani disini,” jelasnya. (Mar)

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi